Tips Memilih Buah Durian yang bagus

Siapa sih yang tidak kenal buah yang satu ini! dilihat dari gambarnya saja sudah pada ngiler. Buah yang biasa dujuluki "neraka dan surga" karena tampilan diluarnya bagaikan neraka yang berduri tajam,keras,dan buruk rupa. Tapi siapa sangka kalau di dalamnya bagaikan surga, rasa buahnya memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat durian. Buah durian memiliki aroma yang sangat khas.
Sehingga ada pepatah yang mengatakan sepandai-pandainya menyembunyikan buah durian pasti akan tercium juga.

Buah musiman yang hanya dipanen setahun sekali ini, hanya ditemukan di kawasan Asia tenggara seperti Thailand,Malaysia,dan Indonesia saja. Saat musim durian tiba,banyak pedagang yang mengambil kesempatan untuk mendapatkan keuntungan besar dikarenakan harganya yang cukup mahal. Tidak jarang pula para pedagan tidak memperhatikan lagi kualitas buah durian yang dijualnya. berikut adalah tips memilih buah durian yang bagus.
  1. Seharusnya buah durian matang dipohonnya. Buah durian yang bagus tidak dipanjat tetapi jatuh sendiri dari pohon.
  2. Untuk mendapatkan buah durian yang matang di pohon, beli langsung ke tempat penghasil durian tersebut. kalau perlu datangi pohon duriannya dan tunggu sampai buahnya jatuh dari pohon.
  3. Kalau kamu terpaksa beli di supermarket atau dipinggir jalan, tanpa mencium dan menyentuhnya kamu sudah bisa tahu kalau duriannya tidak matang dari pohon dengan melihat ujung tangkai buah tersebut. Ujung tangkai yang cacat, lebam karena bekas potongan menandakan bahwa durian tersebut tidak matang di pohon.
  4. Menciun bau durian, durian yang matang aromanya harum menyengat dibanding yang tidak matang.
  5. Pilih buah yang bulat dan loncong, biasanya lebih berisi buahnya.
  6. Periksa kulitnya apakah ada lubang ulat atau busuk.
  7. Pukul-pukul dengan pisau kalau suaranya nyaring berarti bagus.
  8. Jangan membeli durian yang ujungnya terbelah atau warnanya sudah kihitaman, itu tanda durian hampir busuk.
  9. Untuk mengetest rasa durian sebaiknya kamu memintah duriannya dibuka utuh jangan hanya ujungnya saja karena bisa saja cuma di ujungnya yang matang.
  10. Durian aborsi (dipetik sebelum waktunya) cenderung kering, cepat busuk dan rasanya hambar.
  11. Bagi yang tidak suka durian jangan khawatir kamu bisa memcicipi durian yang setengah matang dulu karena aroma dan rasanya belum menyengat,lama-lama kamu akan terbiasa dan suka. Karena sebagian besar orang tidak suka durian karena aromanya yang menyengat.
  12. Habis makan durian,minum air yang ditaruh di kulit durian biar tidak mual dan aromanya berkurang.
  13. Durian punya banyak manfaat bagi kesehatan tetapi dapat juga ada bahayanya bagi kesehatan. Makanya baca duli disini sebelum pesta durian.
  14. Semoga Bermanfaat.

6 komentar:

  1. wele berarti durian matang kering itu durian aborsi yooo? settt dahhh si tukang jualan duren di kota-kota besar yoo? paraaahhh...

    BalasHapus
  2. Itu mah durian abal2..klo mw jalan2 sja di palopo dijamin pasti top duriannya..klo durian aborsi nd laku disana..hehehe.

    BalasHapus
  3. wah sayangnya ga doyan durian neeh :D

    BalasHapus
  4. @arif coba tips no 11,banyak teman Qyang sdah mencoba n ternyata cukup berhasil..

    BalasHapus
  5. wah ini buah kesukaanku dulu..krn aku banyak memiliki pohonnya...sekarang aku dilarang memakannya oleh dokter..sayang...

    BalasHapus
  6. @indonesia ku;
    mungkin mas ada penyakit darah tinggi mkanya dilarang..sayang sekali nd bsa menikmati buah terenak di dunia.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...